CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 27 November 2008

HTML is...

HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. Didalam file HTML terdapat beberapa "tag" atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor.

File HTML dapat dibuat dengan aplikasi text editor apapun di sistem operasi apapun, antara lain : Notepad di Windows, emasc atau vi di Unix atau SimpleText di Macintosh. File HTML ini juga bisa dibuat di aplikasi word processor apapun asalkan saat menyimpan file tersebut disimpan dengan format text-only.

Salah satu kelebihan file HTML adalah cross platform, artinya file HTML dapat ditampilkan di beberapa Operating System (OS) yang berbeda dan memiliki tampilan yang sama walaupun saat pembuatannya menggunakan satu OS tertentu saja.


HTML merupakan bahasa (kode-kode) yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML bukanlah bahasa program seperti C, C++, Pascal Visual Basic, Foxpro dan lain sebagainya. Dia lebih kepada bahasa yang menetapkan bentuk penjelasan dokumen. Jika anda menggunakan Internet Explorer atau Mozilla Firefox anda boleh melihat kode-kode halaman ini dengan mengklik kanan web tersebut, kemudian anda pilih menu View Source.

Bahasa HTML ini ditulis dengan menggunakan teks editor seperti Windows Notepad, Notepad++, Ms-Edit, dan file di simpan menggunakan extensi/sambungan .htm ataupun .html, Browser HTML seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox juga akan menerjemahkan kode-kode html dan membuat penjelasan seperti apa yang telah dikodekan.

Anda juga boleh membuat halaman web dengan menggunakan HTML Editor seperti Netscape Composer, Ms-Word 97 ataupun Microsoft FrontPage. Walau bagaimanapun, terdapat kelebihan serta kekurangan jika anda menggunakan HTML Editor yang disebutkan.

HTML dikembangkan oleh tim Beners Lee saat dia bekerja di CERN (sebuah laboratorium fisika partikel) di Jenewa Swiss.


HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

Dimana kita bisa menulis HTML?

HTML bisa kita buat di banyak text editor seperti :

  • Notepad –> paling sederhana
  • EditPlus
  • Dreamweaver –> dipermudah dengan tampilan visual.
  • dan banyak lagi.

File HTML harus disimpan dalam extension .htm atau .html

Markup/Tanda

Penulisan html tidak bisa terlepas dari markup/tanda yang dinamakan tag HTML, karena inti dari penulisan html adalah memberi tanda terhadap
suatu teks sesuai aturan sehingga diperoleh halaman yang diinginkan.

Syarat penulisan taq HTML :

  • dimulai dengan tanda “<>” dan diakhiri dengan
    tanda ” ”
  • Tag pertama disebut start tag dan tag terakhir disebut end tag.
  • Teks yang ingin di beri tanda di letakkan diantara start tag dan end tag.
  • Element HTML tidak bersifat case sensitive (huruf besar dan huruf kecil tidak dibedakan)
  • contoh : jika ingin menandai tulisan dengan style tebal (Bold Font)
    contoh bold font –> untuk elemen B tidak case sensitive
    Hasil yang keluar : contoh bold font

Urutan Penulisan HTML

Penulisan tag html harus urut, untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah:



judul halamanku


ini adalah halaman pertamaku.

teks ini adalah dicetak tebal

Simpan html diatas dengan akhiran : .htm atau .html
Contoh : halamanku.htm atau halamanku.html

Hasilnya kalau dibuka dalam browser :

Jadi ada point-point penting yang harus diperhatikan dalam membuat halaman web dengan menggunakan html yang harus urut :

  1. Tag
  2. Tag
  3. Tag –> untuk menampilkan judul pada bar halaman web (ditampilkan di kiri atas bagian halaman web) </li><li>Tag –> penutup Tag
  4. Tag –> Penutup Tag
  5. Tag –> untuk menampilkan kode HTML pada bagian halaman web
  6. Tag –> Penutup Tag
  7. Tag –> Penutup Tag

Tidak ada komentar: